Rabu, 29 Mei 2013

Cara Gampang Membersihkan Peralatan Dapur

Agar alat masak yang kita miliki lebih awet dan tahan lama perlu dirawat dengan baik. Salah satu cara merawatnya ialah dengan membersihkannya secara teratur dan benar. Bagaimana cara membersihkan peralatan dapur yang benar? Yuk kita simak tips berikut ini:
1.  Cobek dan Ulekan: 
Alat untuk menghaluskan bumbu ini biasanya menyimpan aroma yang tajam. Agar cobek dan ulekan tidak meninggalkan bau yang kurang sedap, cucilah cobek dan ulekan dengan menggunakan sikat. Jangan menggunakan sabun cuci, karena bau sabun akan tertinggal pada cobek, dan akan mempengaruhi aroma bumbu yang dihaluskan. Jemur cobek dan ulekan yang telah dicuci sampai kering. 
2.  Clay Pot: 
Dikenal juga sebagai mangkuk sapo, biasa dipakai untuk memasak sekaligus sebagai mangkuk saji. Agar mangkuk yang terbuat dari tembikar ini awet dan tidak mudah retak, sebaiknya hanya digunakan untuk memasak hidangan yang mengandung air, serta hindari meletakan clay pot di atas permukaan yang dingin.
3.  Spatula: 
Alat ini biasa di pakai untuk mengaduk adonan cake. Alat ini harus dirawat dengan baik, karena mudah sekali berjamur. Cuci spatula segera setelah dipakai dengan sabun dan air hangat. Pastikan permukaanya benar-benar bersih dan bebas dari lemak. Keringkan dan simpan di tempat yang kering. Sebaiknya gunakan spatula yang berbahan dasar karet atau plastik, karena tidak akan berjamur dan lebih awet.
4.  Wajan Anti Lengket : 
Alat ini sangat populer karena membuat memasak lebih mudah, dan tidak takut lengket. Dengan demikian akan mengurangi konsumsi minyak dalam memasak, sehingga masakan menjadi lebih sehat. Sebaiknya saat memasak kita menggunakan sutil dari kayu, agar lapisan anti lengketnya tidak terkelupas. Waktu membersihkannya gunakan sabut dari busa yang lembut. 
5.  Blender: 
 Biasanya digunakan adalah untuk membuat jus atau menghaluskan bumbu.
Membersihkan blender sangat mudah, cukup masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam blender, lalu nyalakan mesin selama beberapa menit. Pastikan bagian bawah blender tidak dalam kondisi basah!

Setelah itu, buang bekas air cuciannya dan bilas. Cara lain adalah dengan memasukkan satu sendok makan baking soda ke dalam blender, campur dengan sedikit air, lalu nyalakan blender anda beberapa saat. Baking soda akan mengangkat kotoran lemak yang menempel pada blender anda. Buang air bekas cucian tersebut dan bilas blender anda sampai bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar