Rabu, 29 Mei 2013

Jurus Jitu Usir Noda Kunyit Membandel

Kunyit termasuk rempah-rempah yang sering kita gunakan di dapur, baik untuk masakan ataupun bahan obat-obatan herbal. Tapi si kuning ini memang sering kali membuat masalah karena nodanya yang sulit hilang. Noda bekas kunyit yang menempel di tangan, di pakaian hingga di perabotan rumah tangga ternyata memerlukan cara khusus untuk menghilangkannya. Resepkita akan memberikan tips-tips jitu untuk mengusir noda kunyit dalam artikel berikut.

Noda kunyit yang menempel di tangan bisa dihilangkan dengan menggunakan minyak kayu putih. Gosokan pada telapak tangan atau bagian kulit yang terkena kunyit hingga noda kunyit memudar, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Selain menggunakan minyak kayu putih, Clovers juga bisa menggunakan minyak zaitun, minyak jarak, atau alkohol berkadar ringan. Jika noda masih membandel ulangi langkah tersebut beberapa kali. 

Selain menempel pada tangan, tak jarang noda kunyit juga menempel pada peralatan masak, meja dapur dan lantai. Cara mengatasinya dengan membuat pasta baking soda. Campurkan baking soda dengan sedikit air, aduk hingga menjadi pasta. Gosokan pasta baking soda pada peralatan masak yang terkena noda kunyit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Ulangi beberapa kali langkah tersebut jika diperlukan. Sedangkan untuk lantai dapur yang terkena noda kunyit Clovers bisa menggunakan sedikit saja larutan pemutih, gosokan pada lantai yang terkena noda kunyit. 

Noda kunyit sering juga menempel di pakaian, celemek, atau taplak meja. Namun mencuci dengan cara biasa noda kunyit pada kain tidak serta merta hilang. Clovers bisa gunakan air kapur sirih untuk menghilangkan noda kunyit pada kain. Oleskan air kapur sirih pada bagian kain yang terkena noda kunyit, kucek-kucek dan bilas hingga bersih. Untuk noda membandel rendam semalaman kain tersebut dengan air kapur sirih. Kalau mendapatkan kapur sirih agak susah, tips lainnya adalah menggunakan garam. Basahi bagian kain yang terkena noda kunyit lalu taburkan garam, kucek-kucek, diamkan kurang lebih 20-30 menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Selain air kapur sirih dan garam, jeruk nipis juga bisa mengusir noda kunyit pada kain. Cukup iris sebuah jeruk nipis dan gosokan pada bagian kain yang terkena noda kunyit, cuci dan bilas seperti biasa.

Salah satu hal yang membuat kita malas memasak adalah karena noda yang ditinggalkan beberapa bahan makanan sulit hilang. Nah, Clovers… sekarang tidak perlu malas lagi memasak jika ada resep yang menggunakan kunyit karena sudah punya solusi untuk membersihkan noda kunyit yang membandel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar