Rabu, 29 Mei 2013

Tips Bersih-bersih Rumah dalam 30 Menit

Hanya setengah jam atau kurang dalam sehari, rumah selalu tampak bersih? Bagaimana caranya?

Membersihkan rumah kadang bisa terasa sebagai pekerjaan teramat berat. Terutama jika keadaan rumah sempat dibiarkan begitu-begitu saja dalam beberapa hari.

Namun, sebenarnya bersih-bersih tak perlu sampai memakan waktu sedemikian lama. Dengan mengikuti tips ringan berikut dalam rutinitas anda sehari-hari, serta memprioritaskan bagian-bagian paling mudah kotor ini, anda akan tahu bahwa menjaga kebersihan rumah sebenarnya mudah. Dan mungkin justru, hal yang perlu anda pikirkan sekarang adalah, apa yang akan anda lakukan dengan waktu luang yang tersisa.

Dapur:
-Bersihkan peralatan makan, atau segera masukkan ke mesin pencuci, setiap saat setelah dipergunakan. (5 menit)
-Lap landasan/meja dapur dan kompor dengan pembersih multiguna setiap selesai memasak. (2 menit)
-Lap dan sapu semua remah/kotoran setiap selesai makan. (2 menit)

Kamar mandi:
-Selalu simpan dan rendam kain-kain lap anda di tempat rendaman di kamar mandi, sehingga anda selalu bisa segera mengelap landasan dapur seusai mencuci muka atau menggosok gigi. (2 menit)
-Sekali seminggu, bersihkan toilet dan bangku kamar mandi, juga saluran toiletnya. Dengan menempatkan bahan pembersih dalam jangkauan, anda biasanya akan menggunakannya bahkan meski tidak sedang melakukan pembersihan khusus. (2 menit)

Kamar tidur:
-Jika anda mengerjakan cucian dalam jumlah besar, jangan pernah anggap selesai dulu sebelum anda melipat dan menyimpan semua pakaian bersih. Mengerjakannya sesegera mungkin memastikan anda tak memiliki tumpukan kain di atas kasur. (5 menit)
-Setiap pagi, bersihkan meja di samping ranjang dari sisa makanan, buku-buku berantakan, termasuk juga kacamata baca bekas semalam. (2 menit)
-Biasakan merapikan tempat tidur setiap pagi, tepat di saat anda bangun dari ranjang. Anda akan merasa senang melihat kondisi rapinya begitu pulang ke rumah malam hari. (2 menit)

Ruang duduk:
-Selang beberapa hari sekali, lap meja-meja dengan kain mikrofiber (berserat halus) untuk membersihkan debunya, sembari menonton TV. (2 menit)
-Gunakan penghisap debu anda untuk membersihkan kotoran di lantai atau di sela-sela sofa. Melakukannya sembari menonton TV akan membuat tugas ini jadi rutinitas harian yang ringan, ketimbang menjadi sebuah agenda bersih-bersih 'berat'. (2 menit)
-Sebelum beristirahat setiap malam, simpan semua peralatan hiburan, DVD, koran-koran, juga mainan apapun yang berantakan atau tidak pada tempatnya. (4 menit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar