Rabu, 29 Mei 2013

Cara Praktis Bersih-Bersih: Selalu Sedia Baking Soda

Wastafel Mengilap
Supaya wastafel atau bak cuci putih mengilap, tutup lubang wastafel, lalu isi dengan air panas hingga hampir penuh. Setelah itu, tambahkan sekitar 1 cangkir kecil cairan pemutih, dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, buka lubang wastafel hingga airnya surut dan gosok menggunakan baking soda. Bilas wastafel sekali lagi, kilapkan dengan cairan pembersih kaca, dan keringkan.

Lemak di Piranti Masak
Biasanya, piranti masak seperti panci atau wajan yang sudah selesai dipakai, direndam air hingga semalaman. Konon, cara ini akan membuat lemak lebih mudah luruh saat dicuci. Padahal, cara berikut ini lebih mudah. 
Pertama, isi piranti masak dengan air hingga setengahnya.
Kedua, taburkan 1 sendok makan baking soda dan didihkan di atas kompor berapi kecil.
Ketiga, setelah mendidih, angkat piranti masak dan taburkan 1 sendok makan sabun pencuci cair. Dinginkan piranti masak, lalu buang airnya. Niscaya, lemak pun akan hilang dari piranti masak.

Penadah Tetesan
Saat Anda membersihkan bagian atas furnitur, kaca, dinding keramik di kamar mandi yang cenderung lebih tinggi, pakailah sarung tangan plastik yang berkualitas. Selain melindungi kulit dari cairan kimia, sarung tangan juga akan mencegah tetesan cairan dan air pembersih masuk ke tangan. Agar lebih efektif, lipat keluar sarung tangan supaya cairan yang menetes tidak masuk ke dalam tangan.

Bersihkan Busa
Busa-busa yang menempel sehabis Anda membersihkan dinding keramik kamar mandi, misalnya, biasanya dibersihkan dengan menggunakan spons atau justru menyiramkan air. Cara ini, selain tidak efektif, juga boros air. Lebih baik gunakan botol semprotan yang diisi air yang lebih praktis, irit air, dan tidak membuat sisa sabun mengendap di dinding kamar mandi.

·         Ampas kopi yang sudah tidak terpakai bisa kita manfaatkan untuk bersih-bersih di kamar mandi, Bunda. Caranya taburkan ampas kopi di lantai kamar mandi, biarkan sebentar, lalu gunakan sikat kamar mandi Scotch-Brite™, menyikat tanpa menggores. Lumut luntur, kamar mandi harum ...

·         Membersihkan kamar mandi kadangkala sangat menyebalkan, karena banyak bekas sabun dan shampoo yang mengerak dan mengumpul di lantai maupun di dinding. Tetapi dengan Sabut Bergagang Scotch-Brite™, tugas yang satu ini sekarang akan sangat mudah, semua sudut ruangan akan bersih dengan sempurna.

·         Tips membersihkan tembok kamar mandi yang mulai berlumut, siram dengan air cuka+garam yang sudah dicampur jadi satu. Lalu siramkan ke tembok yang mulai berlumut diamkan 5 menit lalu gosok bersihkan. Tembok kembali bersih. Silakan dicoba

·         Tips Membersihkan Noda Membandel Pada Permukaan Kloset. Masukkan kedalam botol spray campuran cuka dan air, lalu semprotkan merata ke seluruh permukaan kloset, diamkan beberapa saat, kemudian lap dengan kain lembut atau spons. Sebagai penghilang bakteri, gunakan cairan anti bakteri atau larutan pemutih dan air dan siram hingga bersih.

·         Jadi ibu rumah tangga tuh membutuhkan kesabaran dan ketelitian apalagi jika mempunyai putri usia balita seperti saya. Kamar mandi merupakan prioritas utama saya dalam kebersihan. Untuk membersihkan lantai kamar mandi agar mengkilap dan tidak licin saya biasanya mencampur air untuk menyikat lantai dengan garam kasar dan sedikit cuka, dijamin lantai kamar mandi jadi kesat dan enak untuk diinjak.

·         Membersihkan lantai yang berkerak.
Lantai atau toilet yang berkerak sangat sulit dibersihkan dengan sabun biasa, terkadang dengan cairan khusus pun tidak terlalu bersih. Untuk mengatasinya cukup dengan menuangkan minuman cola ke lantai secara merata diamkann selama 1 jam, sikat, siram dengan air bersih hasilnya lantai bersih mengkilap.

3 komentar:

  1. banyak banget info bermanfaat yang baru gue tau nih, kombinasi membersihkan noda di beberapa tempat yang membandel dan lebih efektif ketimbang cara yang bisa kita lakuin


    oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe

    Perumahan Baru
    iklan rumah dijual
    jual rumah tangerang
    jualrumah

    BalasHapus
  2. ternyata baking soda banyak manfaatnya ya' bukan sekedar untuk buat kue aja..
    www.peluangproperti.com

    BalasHapus